Tuesday 16 August 2016

Proses Pembuatan dan Kegunaan Natrium Amida, Natrium Sianida, dan Ferosianida

Natrium Amida

            Natrium amida adalah suatu bahan kimia yang banyak pula dipakai untuk berbagai penggunaan khusus dalam bidang kimia organik. Zat ini merupakan bahan dehidrasi yang kuat dan karena itu digunakan dalam sintesis indigo dan dalam pembuatan hidrozina murni. Juga merupakan bahan pembuatan natrium sianida dan sebagai bahan aminasi. Zat ini dibuat dengan melewatkan amonia ke dalam logam natrium pada suhu 200 C sampai 300C. 

NH3 + Na -------------------> NaNH2 + 1/2H2

                    Senyawa ini harus ditangani dengan hati hati karena terdekomposisi dengan ledakan bila terkena air. Demikian pula, bahan ini tidak boleh disimpan karena menimbulkan ledakan. Senyawa ini harus langsung digunakan setelah dibuat.

Natrium Sianida Dan Ferosianida 

               Natrium sianida bukan hanya pentiing dalam bidang kimia anorganik dan organik, tetapi juga banyak dipakai dalam bidang metalurgi. Zat ini digunakan dalam pengolahan bijih emas, pengeras kulit (case hardening) baja, sepuh listrik, reaksi organik pembuatan asam sianida, serta dalam pembuatan adiponitril. Natrium sianida dapat dibuat dari natrium amida yang dipanasi dengan karbon pada 800C, karbon sebagai arang dimasukkan ke dalam natrium amida yang meleleh. Natrium amida akan terkonversi terlebih dahulu menjadi natrium sianamida.

2NaNH2 + C ----------> Na2NCN +2H2  pada 600 C
Na2NCN + C ----------> 2NaCN              pada 800 C

Cara pembuatannya yang lain adalah dengan melelehkan natrium klorida dan kalsium sianamida bersama sama di dalam tanur listrik. Cara komersialnya terdiri dari netralisasi asam hidrosianida dengan soda caustik.

HCN + NaOH ----------------> NaCN + H2O

                 Natrium ferosianida dibuat dari natrium sianida merah yang dibuat dari kalsium sianida dan natrium klorida yang dilebur di dalam tanur listrik. Reaksi ferosianida terjadi di dalam larutan aqua dengan fero sulfat. Kalsium ferosianida diubah menjadi garam natrium dengan menambahkan soda abu dan mengendapkan kalsium karbonat. Lumpur yang terjadi disaring, dicuci, dan dekahidratnya Na2Fe(CN)6.10H2O dikristalisasikan keluar dengan jalan mendinginkan larutan.