Tuesday 16 August 2016

Reaksi Hidrasi dan Dehidrasi Gipsum

Gipsum adalah mineral yang terdapat di dalam endapan besar di dunia. Gipsum adalah hidrat kalsium sulfat, dengan rumus CaSO4.2H2O. Bila dipanaskan akan terjadai reaksi sebagai berikut :

CaSO4.2H2O (c) -----------------> CaSO4.1/2H2O (c) + 1/2 H2O                DH,25C = + 69 kJ

Jika pemanasan dilakukan pada temperature yang tinggi lagi, gipsum akan kehilangan airnya dan menjadi kalsium sulfat anhidrat, atau anhidrit. Gipsum kalsinasi (garam setengah air) dapat dibuat menjadi plaster dinding dengan menambahkan bahan pengisi seperti asbes, pulp kayu, atau pasir. Tanpa penambahan ini, gipsum disebut plaster paris dan di gunakan untuk membuat cetakan atau plaster dinding yang bersifat hidraulik dan mengeras di dalam air, dan sedikit larut di dalam air dan tidak boleh digunakan di lingkungan.

Kalsinasi Gipsum


Cara yang biasa untuk kalsinasi gipsum adalah dengan menggiling mineral tersebut dan menempatkannya didalam kalsinator besar yang dapat menampung 9 sampai 22 ton. Temperatur dinaikkan 120 C sampai 150 C, dengan selalu mengaduknya sampai temperature homogen. Bahan didalam ketel, yang dikenal oleh masyarakat awam sebagai plaster paris dan oleh para pembuat sebagai plaster endap pertama (firs settle plaster) dapat diambil dan dijual, jika dipanaskan lagi sampai 190 C akan menghasilkan produk yang disebut plaster endap kedua ( second settle plaster).
Plaster endap pertama adalah setengah hidrat CaSO4.1/2H2O, dan bentuk kedua adalah anhidro. Boleh dikatakan seluruh plaster gipsum yang di jual adalah dalam bentuk  plaster endap pertama yang dicampur pasir dan pulp kayu. Bentuk kedua digunakan untuk membuat papan plaster dan produk giipsum lainya. Gipsum juga dapat dikalsinasi didalam tanur putar seperti yang digunakan untuk batu gamping.

 Pengerasan 


Pengerasan plaster merupakan suatu konversi kimia hidrasi, sebagaimana dilukiskan oleh persamaan;

CaSO4.1/2H2O + 11/2 H2O --------------------> CaSO4.2H2O      DH = -2,9 kJ

Persamaan ini adalah kebalikkan dari dehidrasi gipsum. Plaster akan set akan mengeras karena air bereaksi menjadi hidrat kristal padat. Hidrasi dengan air pada temperature dibawah 99 C dan untuk dehidrasi diperlukan pemanasan sampai temperature diatas 99 C.