Tuesday 16 August 2016

Pengguaan Natrium Peroksida Dan Natrium Perborat Dalam Industri Tekstil

Natrium Peroksida

Penggunaan dan Ekonomi

Natrium peroksida adalah suatu serbuk higroskopis berwarna kuning pucat. Zat ini menyerap air dari udara dan membentuk hidrat berwarna putih salju Na2O2.8H2O. Bila ditambahkan ke air, senyawa ini membentuk natrium hidroksida dan oksigen. Penggunaanya terutama sebagai oksidator yang sangat kuat dan penggunaan kedua yang terpenting adalah sebagai pemutih wol, sutra, dan barang barang tekstil halus, serta dalam sintesis kimia. Natrium peroksida bereaksi dengan karbon monoksida membentuk natrium karbonat dan karbon dioksida membentuk natrium karbonat dan oksigen.

Na2O2 + CO -----------------------> Na2CO3
Na2O2 + CO2 ----------------------> Na2CO3 +1/2O2

Reaksi ini dimanfaatkan untuk pembangkit udara pada ruang tertutup.

Pembuatan

Natrium peroksida dibuat dengan membakar natrium dengan udara dan oksigen yang berlebih. Produk ini mempunyai kemurnian kira kira 96%. Zat ini harus ditangani dengan hati hati karena bila ditempatkan diatas kertas daan kayu, kalor hidrasinya cukup untuk menimbulkan pembakaran. Namun peroksida bereaksi dengan platina, besi, tembaga, timah, dan kunigan, tetapi tidak bereaksi dengan nikel. Natrium peroksida bereaksi hebat dengan eter, gliserin, dan asam asetat glasial.

Natrium Perborat

Natrium perborat adalah oksidator ringan yang banyak digunakan dalam bidang kedokteran dan kedokteran gigi. Zat ini disarankan sebagai bahan kumur kumur karena sifat oksidasi dan pembersihan yang diakibatkanya. Penggunaan yang lain adalah sebagai bahan pengoksidasi dan tekstil. Senyawa ini dibuat dengan melarutkan boraks, natrium peroksida, dan hidrogen peroksida dan memanaskan campuran itu sedikit, lalu membiarkanya mengkristal.

Na2B4O7 + Na2O2 +3H2O2 ---------------------------> 4NaBO3 +3H2O